Facebook berubah dengan pesat dari tahun ke tahun.
Kalau anda rutin menggunakan Facebook pasti sadar.
Tutorial-tutorial Facebook marketing yang efektif 2-3 tahun lalu kemungkinan besar saat ini sudah tidak berlaku lagi.
Atau lebih parahnya, malah merugikan.
Masalahnya pergerakan informasi online di Indonesia saat ini masih lebih lambat daripada di luar, jadi panduan yang kadaluarsa masih sering ditemukan.
Ada lagi…
…sekarang ini kalau bicara Facebook marketing, kita selalu berpikir ‘iklan-iklan-iklan’.
Padahal sebelum iklan masih ada yang HARUS anda persiapkan dulu.
Untuk itulah panduan ini dibuat.
Anda akan mempelajari langkah apa saja yang harus anda lakukan di dunia pemasaran dan Facebook modern, supaya strategi anda jadi sempurna.
1. Temukan 5 page milik brand saingan anda di Facebook
Begini masalahnya:
Orang yang baru terjun ke Facebook biasanya langsung “main kasar”.
Maksudnya, mereka tidak tahu apapun tentang Facebook. Apa yang harus dilakukan, apa yang disukai oleh orang lain, apa yang efektif untuk bisnis mereka.
Tapi belum apa-apa sudah buat banyak post…
…belum apa-apa sudah pasang iklan.
Padahal kalau anda sendiri tidak tahu apa-apa, bahkan menggunakan layanan agensi periklanan di Facebook pun bakal jadi tidak efektif.
Anda sendiri yang harus tahu (atau minimal salah satu orang dalam).
Maka dari itu, cara terbaik untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru apa yang efektif di dalam bidang industri anda sendiri.
Ini cara mencarinya:
Masukkan “Pages about [industri] that are liked by my friends” di kolom pencarian Facebook. Hasilnya seperti gambar berikut.
Facebook akan memperlihatkan page dalam topik yang anda masukkan, dan yang populer di kalangan teman-teman anda sendiri.
Klik pada ‘See more’, inilah saingan anda.
Cari sebanyak mungkin yang menurut anda paling mirip dengan bisnis anda. Abaikan yang followernya sedikit atau yang followernya banyak tapi tidak ada like & komentar.
Kemudian, pelajari ini:
- Seperti apa post yang mendapat banyak like
- Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
- Jam berapa post yang mendapat banyak like
- Foto, cover, dan kelengkapan profil lainnya
Dan lain-lain…masih banyak yang bisa kita pelajari.
Yang paling penting, ketika nanti akan membuat iklan maka anda bisa menargetkan orang-orang yang me-like page saingan-saingan anda ini.
Dengan demikian, iklannya jadi tepat sasaran dan lebih murah.
2. Buat page yang menarik, ikuti tips berikut
Di Facebook, page itu seperti toko anda.
Kalau tokonya jelek, tidak akan ada yang datang.
Pertama, masuk ke link ini untuk membuat Facebook Page. Kemudian pilih kategori yang tepat. Serius. Beda kategori bisa beda fitur yang diberikan.
Selain itu bakal aneh dilihat orang kalau tidak sesuai.
Kalau masih belum yakin coba lihat kategori page dari saingan anda tadi.
Kedua, masukkan nama brand anda.
Ini tips menamai page yang biasanya membuat orang salah:
- Gunakan nama brand anda, titik
- Jangan gunakan jenis produk/layanan sebagai nama (misalnya: “kontraktor rumah”)
- Singkat, 2-3 kata paling optimal. Pisahkan dengan spasi
Ketiga, lengkapi profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover, dan keterangan lainnya. Ikuti tips ini:
- Profil picture: gunakan logo dengan resolusi tinggi, jangan gunakan gambar yang buram
- Cover: gunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan gunakan sembarang gambar dari internet
- About: jelaskan bisnis anda dengan singkat & menarik, hilangkan kata yang bertele-tele
- Lengkapi semua informasi di tab Info, selengkap-lengkapnya
Ketika baru membuat page, anda akan diminta langsung memasang iklan. Jangan. Belum saatnya.
Meskipun begitu, anda bisa memasukkan data audiens anda sekarang.
3. Ketahui dan tentukan target calon audiens anda
Dalam dunia pemasaran, kita sudah paham bahwa menargetkan 1 kelompok audiens jauh lebih efektif daripada yang terlalu umum. Sulit membuat strategi yang bisa ampuh untuk semua kalangan.
Ini akan berguna pada saat anda membuat konten.
Kesalahan yang paling fatal di sini biasanya menggunakan bahasa yang tidak pantas buat target audiens mereka sendiri.
Contoh:
Sebuah bisnis, target pasarnya adalah orang berusia 35+.
Tapi lantas di Facebook mereka membuat post yang ditujukan untuk anak muda. Misalnya menggunakan bahasa gaul, atau membuat gambar lucu.
Tidak pantas kan?
Itu bentuk yang paling sederhana.
Intinya, kita harus menyediakan apa yang pantas dan menarik bagi target audiens kita sendiri.
Untungnya, dengan Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.
Kata kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page]”
Hmm…jadi orang-orang yang kita targetkan adalah orang yang religius, sayang ibu, suka sepakbola, belajar psikologi, dan suka menggambar.
Ketika membuat konten, kalau anda membahas hal-hal tersebut maka jumlah like-nya akan lebih banyak.
Kata kunci ‘interests’ juga bisa anda ganti, misalnya:
- Movies
- Books
- Restaurants
- Places
- Public figures
- Organizations
- dll. Apapun bisa
Kalau page anda sudah punya banyak like, bisa juga gunakan page anda sendiri supaya lebih akurat.
4. Optimasi website untuk Facebook
Kalau anda sudah bicara tentang Facebook marketing, mestinya anda saat ini sudah punya website sendiri.
Kalau belum, segera buat.
Melakukan pemasaran online tanpa website itu seperti bunuh diri secara perlahan.
Ok, cukup basa-basinya.
Gambarnya buram, tidak berhubungan, atau yang muncul bukan gambar utamanya. Lalu judulnya beda dengan aslinya, deskripsinya juga tidak jelas.
Itu salah satu akibat dari website yang tidak dioptimasi.
Kita ingin supaya ketika website kita di-share, semuanya pas. Gambarnya tepat, resolusinya bagus, serta punya judul dan deskripsi yang menarik.
Ini supaya yang mengunjungi website kita semakin banyak.
Untuk itu, ada beberapa “meta tag” yang harus anda pasang di website. Tepatnya di bagian <head>.
Seperti yang ditunjukkan oleh OGP.me:
Bingung?
Nggak ngerti ini maksudnya apa?
Jangan khawatir.
Kalau anda pengguna WordPress, install plugin bernama Yoast SEO. Dari plugin ini kita bisa mengatur meta tag yang disebutkan tadi dengan lebih mudah.
Kalau anda bukan pengguna WordPress dan tidak mengerti bahasa HTML sama sekali, cara termudah yaitu kirimkan artikel ini ke developer website anda.
Setelah itu, tes di Open Graph Debugger ini.
5. Pahami tips untuk membuat post yang baik di Facebook
Di Facebook, kita tidak bisa membuat post terlalu banyak dalam sehari.
Alasannya ada 2:
- Post lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like
- Setiap post harus berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas dalam sehari
Lebih lengkapnya sudah kita bahas di panduan meningkatkan like di Facebook ini.
Maka dari itu, setiap post harus anda pikirkan matang-matang.
Inilah beberapa tipsnya.
Tips untuk masing-masing jenis post (teks, gambar, video, link)
Pertama, post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik.
Selain itu, sulit menyampaikan pesan dengan teks karena Facebook akan memotong teks yang terlalu panjang.
Jadi sebisa mungkin hindari teks tanpa media.
Sedangkan kalau anda menggunakan video, pastikan video tersebut anda upload di Facebook. Hindari menaruh link video dari YouTube.
Mengapa?
Lihat gambar berikut:
Facebook memang dikenal agak sedikit ‘licik’ dalam urusan ini. Mereka dengan sengaja menurunkan jangkauan dari video YouTube apabila dipost ke Facebook.
Sebaliknya, video yang diupload langsung ke Facebook mendapatkan lebih banyak jangkauan, komentar, like, dan share.
Yang ketiga, post berupa gambar.
Supaya optimal, ukuran gambar yang anda gunakan sebaiknya mendekati persegi, atau berupa persegi. Ukuran gambar minimum adalah 472×394 px. Lebih dari itu tidak masalah, tapi jangan sampai kurang.
Ini contohnya:
0 komentar:
Posting Komentar